Photo_Desa Dalgogae Mosi (Kain Rami) Seocheon

Photo_Desa Dalgogae Mosi (Kain Rami) Seocheon 1

Photo_Desa Dalgogae Mosi (Kain Rami) Seocheon 2

Photo_Desa Dalgogae Mosi (Kain Rami) Seocheon 3

Photo_Desa Dalgogae Mosi (Kain Rami) Seocheon 4


Pengunjung dapat memiliki kesempatan untuk membuat mosi (kain rami) secara langsung di desa. Jika berjalan mengelilingi desa saat senja, pengunjung akan menyadari mengapa desa itu disebut Dalgogae (bukit bulan): desa ini dibangun di tanah datar dan ketika bulan naik perlahan, tempat ini diterangi oleh cahaya bulan. Saat berjemur di bawah sinar bulan, orang-orang akan mendengar suara kawanan bebek liar yang terbang bersama. Di desa yang terlihat biasa ini, tradisi lama mosi (kain rami) Hansan diturunkan dan dilestarikan di tangan para wanita desa.

Mosi Hansan juga disebut 'semosi' (rami halus) karena proses yang memakan waktu dan padat karya yang terlibat. Desa ini menawarkan berbagai program pengalaman bertema mosi bagi pengunjung. Pengrajin desa dengan pengalaman berharga terkait mosi membantu para peserta. Program yang ada termasuk panen tanaman rami dan tenun kain rami. Pengunjung juga dapat mencoba kue beras rami dan teh yang sangat bergizi.

Sejarah Mosi dapat ditelusuri kembali sejauh periode Tiga Kerajaan. Dikatakan bahwa selama Dinasti Baekje, seorang lelaki tua menemukan tanaman rami di kaki Gunung Geonjisan setelah dewa gunung muncul dalam mimpinya. Bahan alami ini, mosi, sangat tipis dan halus sehingga dibandingkan dengan sayap capung. Pada masa Dinasti Goryeo, raja mempersembahkan mosi Hansan kepada raja Tiongkok. Pada masa Dinasti Joseon, mosi dipersembahkan kepada para raja.

Orang dapat melihat perbedaan antara mosi dan kain biasa dengan mencoba pakaian mosi yang dibuat oleh para pengrajin. Program pengalaman di desa juga termasuk pewarnaan alami, membuat jegi (objek yang digunakan untuk bermain jegichagi) mosi dan aksesoris ponsel mosi. Makanan yang terbuat dari tanaman mosi termasuk mosi buchimgae (pancake Korea) dan roti mosi.

Kegiatan seru lainnya di desa adalah membuat hangwa (penganan tradisional & kue kering). Pembuatan Hangwa, seperti halnya memproduksi mosi, adalah proses padat karya. Dalam membuat hangwa, digunakan biji-bijian yang dipanen di desa. Biji-bijian digoreng untuk waktu yang singkat, dicampur dengan hati-hati dengan madu, dan kemudian diratakan. Setelah dingin dan mengeras, kemudian dipotong kecil-kecil. Rasa hangwa yang baru dibuat menambah kesenangan dari pengalaman, menjadikannya aktivitas terbaik dari program ini.

 

Informasi Kegiatan 
Membuat sabun, kerajinan jerami, kerajinan kain rami, menenun mosi (kain rami) tradisional, membuat mosi songpyeon (kue beras setengah bulan), membuat hangwa (penganan & kue tradisional Korea), membuat mosi tteok (kue beras), membuat mosi buchimgae (pancake), membuat teh mosi, membuat yangsongi buchimgae (pancake jamur), membuat nurungji (nasi bakar), dll.