Sebagai tindak lanjut kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea Selatan, dan berdasarkan  MOU antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Kementerian Perburuhan Republik Korea Selatan tentang Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Korea berdasarkan EPS.

Semua pencari kerja yang berminat untuk bekerja ke Korea Selatan di bawah Mekanisme Employment Permit System (EPS) harus mengikuti model rekruitmen Sistem Poin, yang dilakukan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea).

Pada tahun 2020 berdasarkan surat HRD Korea nomor EPSS-633 tanggal 20 Februari 2020 akan dibuka kesempatan Pendaftaran Program G to G ke Korea CBT Sektor Manufaktur dengan sistem poin Tahun 2020

Dalam sistem poin, pelamar akan dinilai bukan hanya terbatas pada kemampuan Bahasa Korea, tetapi termasuk juga pengalaman kerja atau kemampuan atau keterampilan pada bidang Manufaktur.

  1. Persyaratan Pendaftaran :
    1. Kualifikasi Umum
        • Usia 18 – 39 tahun saat mendaftar (Kelahiran antara tanggal 01 Maret 1980 – 01 Maret 2002).
        • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
        • Tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter

Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).

        • Tidak cacat jari atau amputasi
        • Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
        • Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
        • Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea.
        • Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
        • Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
        • Memiliki nomor rekening tabungan atas nama pribadi yang masih aktif.
        • Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10

PENTING:

  1. Bagi yang pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun tetapi tetap mendaftar, maka yang bersangkutan akan ditolak untuk mengirimkan dokumen lamaran melalui Sending Public Agency System oleh HRD Korea dan atau CCVI ditolak oleh Imigrasi Korea Selatan.
  2. Bahwa saat ini data pencari kerja (Rooster) asal Indonesia di Korea terdapat CPMI wanita yang belum dipilih oleh User, berdasarkan data penempatan PMI ke Korea Tahun 2019, PMI Wanita yang ditempatkan hanya 1,8%. Informasi tersebut kiranya dapat dijadikan pertimbangan sebelum mendaftar.
  1. Kualifikasi Khusus

Kualifikasi ini tidak wajib, namun bagi pendaftar yang memiliki pengalaman kerja/ di Korea Selatan akan mendapatkan nilai tambah kompetensi sesuai bukti dokumen yang dimiliki, dengan menyerahkan dokumen tersebut setelah lolos Ujian Tahap I Sistem Poin EPS dengan total poin 5.

  1. Metode Pelaksanaan Ujian

Ujian dilakukan sebanyak dua tahap yaitu :

  1. Ujian Tahap Pertama (EPS-TOPIK)
  1. Ujian Tahap Kedua (Skill Test + Competency Test)

Ujian tahap pertama dan ujian tahap kedua serta pengumuman kelulusannya akan dilakukan dalam dua gelombang.

Kelulusan akhir berdasarkan Penjumlahan pada skor Ujian Tahap Pertama dan skor Tahap Kedua (diambil jumlah skor tertinggi).


Tertarik ingin bekerja ke Korea Selatan? Info lebih lanjut, hub kami.